SATUKAN PERSEPSI TEGASKAN KOMITMEN RAKOR TIM PEMBINA SAMSAT NASIONAL 2019

Kegiatan dengan agenda rutin tahunan adalah Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional 2019 digelar di Jakarta. Rakor yang di selenggarakan selama dua hari tersebut di laksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pelaksanaan pelayanan samsat di seluruh Indonesia, tentunya agar menjadi lebih baik dan berkomitmen dengan harapan seluruh Tim Pembina Samsat dapat mewujudkan pelayan samsat bebas dari KKN. Dalam kesempatan tersebut Tim Pembina Samsat Bali juga turut hadiri dalam kegiatan tersebut, Dirlantas Polda Bali, Kepala Bapenda Provinsi Bali, Kacab PT. Jasa Raharja Bali, Kasubdit Regiden Polda Bali, Kasubdit keselamatan Dirlantas Polda Bali, Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Kasubid Pengelolaan Sistim Informasi Pendapatan Daerah Provinsi Bali. Pelaksanaan kegiatan Tim Pembina Samsat untuk tahun ini membahas inovasi-inovasi baru yang akan di berlakukan di setiap samsat di wilayah dimana mekanisme pelayanan maupun teknis penyelenggaraan di lakukan oleh daerahnya masing-masing. Hasil yang di capai dalam kegiatan Rakor Pembina Samsat untuk tahun ini yaitu :

  • Penandatanganan MOU Dan PKS Samsat Online Nasional pada seluruh Provinsi di Indonesia yang dilaksanakan secara simbolis di Gedung Ntmc Lantai 2 Korlantas Polri yang dihadiri oleh Kemendagri, Kakorlantas, Dirut PT. Jasa Raharja, Gubernur DKI, Perwakilan Bank Daerah, Bank Swasta/Nasional (Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BCA, Bank Permata, Bank Cimb Niaga, Bank Bukopin, Dan Bank Danamon) Dan PT. VSI (Modern Channel);
  • Samsat Online Nasional sudah Live/Running sampai dengan saat ini ada di 14 Polda (Polda Aceh, Sumut, Sumsel, Riau, Lampung, Banten, Jabar, DKI, DIY, Jateng, Jatim, Bali, NTT, Kalsel, Sulut);
  • Transaksi Pembayaran PKB, SWDKLLJ dan Pengesahan STNK Tahunan melalui aplikasi Samsat Online Nasional sebanyak 1.408 Transaksi dengan Nilai Sebesar Rp 1.792.207.078,-.

Dalam kesempat yang sama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara yang diwakili oleh Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan dalam sambutannya mengapresiasi perkembangan Samsat yang luar biasa dengan menggunakan digitalisasi online. Zona Integritas di pelayanan Samsat juga menunjukkan kemajuan luar biasa. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah konsentrasi pelayanan berbasis teknologi informasi harus berimbang dengan etika pelayanan.(Catur)